Teh Botol Sosro
Teh Botol sosro merupakan produk
minuman teh yang di kemas di dalam botol dan sudah melekat di jiwa seluruh
masyarakat Indonesia bahwa teh botol merupakan pelopor minuman teh yang dikemas
di dalam botol di Indonesia. Seperti yang telah saya tulis di blog sebelumnya
bahwa teh botol sosro merupakan produk dari PT SINAR SOSRO.
Tahun 1940, Keluarga Sosrodjojo
memulai usahanya di sebuah kota kecil bernama Slawi di Jawa Tengah. Pada saat
memulai bisnisnya, produk yang dijual adalah teh kering dengan merek Teh Cap
Botol dimana daerah penyebarannya masih di seputar wilayah Jawa Tengah.
Tahun 1953, Keluarga Sosrodjojo mulai
memperluas bisnisnya dengan merambah ke ibukota Jakarta untuk memperkenalkan
produk Teh Cap Botol yang sudah sangat terkenal di daerah Jawa Tengah.
Perjalanan memperkenalkan produk Teh
Cap Botol ini dimulai dengan melakukan strategi product sampling ke beberapa
pasar di kota Jakarta. Awalnya, datang ke pasar-pasar untuk memperkenalkan Teh
Cap Botol dengan cara memasak dan menyeduh teh langsung di tempat. Setelah
seduhan tersebut siap, teh tersebut dibagikan kepada orang-orang yang ada di
pasar. Tetapi cara ini kurang berhasil karena teh yang telah diseduh terlalu
panas dan proses penyajiannya terlampau lama sehingga pengunjung di pasar yang
ingin mencicipinya tidak sabar menunggu.
Cara kedua, teh tidak lagi diseduh
langsung di pasar, tetapi dimasukkan kedalam panci-panci besar untuk
selanjutnya dibawa ke pasar dengan menggunakan mobil bak terbuka. Lagi-lagi
cara ini kurang berhasil karena teh yang dibawa, sebagian besar tumpah dalam
perjalanan dari kantor ke pasar. Hal ini disebabkan pada saat tersebut jalanan
di kota Jakarta masih berlubang dan belum sebagus sekarang.
Akhirnya muncul ide untuk membawa teh
yang telah diseduh di kantor, dikemas kedalam botol yang sudah dibersihkan.
Ternyata cara ini cukup menarik minat pengunjung karena selain praktis juga
bisa langsung dikonsumsi tanpa perlu menunggu tehnya dimasak seperti cara
sebelumnya. Pada tahun 1969 muncul gagasan untuk menjual ready to drink tea
dalam kemasan botol, dan pada tahun 1974 didirikan PT SINAR SOSRO yang
merupakan pabrik teh siap minum dalam kemasan botol pertama di Indonesia dan di
dunia.
Segmentasi :
Teh
botol sosre merupakan produk unggulan PT. Sinar Sosro Selain Teh Botol Sosro,
disediakan pula STee, Fruit Tea, Joy Tea Green, dan TEBS untuk memenuhi segmen
pasar yang berbeda-beda. Sedangkan produk non teh adalah air mineral Prim-A,
Happy Jus, dan Country Choice.
Teh
Botol Sosro mempunyai segmentasi pasar yang sangat luas, Mereka ingin menarik
semua lapisan masyarakat dan semua kalangan masyarakat untuk menjadi
costumer dari teh botol. Mulai dari kalangan bawah, Teh Botol Sosro juga sangat
diminati sampai ke kalangan eksekutif di Indonesia.
Targeting :
Aspek demografi : Anak – anak (usia 9 sampai 12 tahun)
–
Remaja (usia 13 sampai 18 tahun)
–
Dewasa
ü Jenis Kelamin : Pria dan Wanita
ü Pekerjaan
: Semua orang yang mempunyai pekerjaan
ü Pendidikan : Semua golongan masyarakat
Target dari teh botol ini adalah
yang menyukai rasa asli teh (non fruity) dan praktis, para supir atau pejalan
kaki dan orang-orang yang kehausan. Maka dari itu kemasannya praktis dan banyak
dijual dikios kecil. Jadi jika Anda haus, ya tinggal minum sosro. Sosro
memiliki target pasar yang jelas, dengan target orang yang sedang melakukan
perjalanan.
Aspek psikografi
:
Proses diferensiasi yang dilakukan
Sosro membuahkan hasil baik, sehingga Sosro dikenal sebagai minuman teh dalam
kemasan botol yang dapat memberikan kesegaran dan. Dalam perkembangannya, untuk
bersaing dengan competitor Sosro mulai melakukan kampanye bahwa dengan
mengkonsumsi teh akan membuat tubuh menjadi sehat, karena teh mengandung
anti oksidan. Hal ini menambah keunggulan kompetitif dari Sosro.
Aspek geografi :
Wilayah pemasaran untuk konsumen
adalah seluruh wilayah Indonesia dikota besar maupun kota kecil di Indonesia,
Positioning
:
Apapun makanannya….
Minumnya Teh Botol Sosro. Itu merupakan Tag Line dari produk Minuman teh
kemasan botol ini. Berbagai variasi produk dari teh botol dapat di nikmat oleh
masyarakat. Dengan rasanya
yang khas dan teh botol sebagai minuman teh kemasan botol yang telah menjadi
top of mind dari masyarakat, tidak heran jika saya mensugestikan produk ini
dapat menguasai seluruh pasar yang ada di dunia. Produk yang unik dan baru
untuk negara-negara peminum teh di luar Indonesia. Memasuki pasar yang baru
dengan target market, culture dan semua aspek yang berbeda dari Indonesia
merupakan sebuah tantangan bagi Teh Botol untuk menjadi produk Teh nomor wahid
se-jagad raya.
RATNO (H 202
13 036)
0 comments:
Post a Comment