Extra Joss adalah produk minuman energi yang
dipasarkan oleh PT Bintang Toedjoe mulai sejak pada tanggal 25 November
1994. Bentuknya bubuk dan
dijual dalam sachet, dan mengandung antara lain kafein dan.Pada
tahun 2006
iklan televisi Extra Joss dibintangi oleh pemain sepak bola Cristiano
Ronaldo selain petinju Chris John
yang sudah selesai kontraknya. Sekarang sejak pada tahun 2008 grup band Ungu menjadi ikon iklan
produk minuman energi
Selain pemasaran di dalam negeri Indonesia,
Extra Joss juga telah melakukan penetrasi pasar di Singapura
dan Hong Kong.
Extra Joss menguasai 80% pangsa pasar, mengungguli produk sejenis dari negara
lain.
Segmentasi
Dari sisi geografis, segmen produk ekstras
joss adalah semua kalangan tidak perduli dimanapun dia berada, baik daerah
perkotaan dan pedesaan. Hal ini bisa dilihat gerai atau warung-warug yang menjual
produk ekstra joss bertebaran hampir diseluruh pelosok penjuru negeri. Sedangkan
bila dilihat dari sisi demografis, segmen ekstra joss adalah masyarakat usia
produktif khususnya pria dengan berbagai latar belakang pekerjaan. Ukuran sachet
dipilih, karena memang ekstra joss awalnya di kenalkan sebagai minuman energi
pengganti minuma kalen/botol. Selain itu dengan kemasan sachet, produk ekstra
josslebh mudah terjangkau oleh kalangan menengah ke bawah.
Targetting
Target pasar ekstra joss sendiri adalah
para pekerja fisik seperti buruh bangunan, sopir, tukang parkir, hingga ke
kalangan atlet dan remaja yang gemar berolahraga. Target pasar ini dinilai
sesuai dengan komponen yang terkandung dalam ekstra joss dimana bertujuan untuk
meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh sehingga cocok buat mereka.
Positioning
Ekstra joss memilih posisi dalam persaingan minuman
bernenergi yaitu sebagai minuman berenergi dalam kemasan sachet sehingga
praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Akhir-akhir ini, ekstra joss juga gencar
memposisikan diri sebagai minuman laki lewat slogan “Pekerja keras itu laki,
laki minum ekstra joss..!” slogan tersebut dipublikasikan melalui berbagai
jenis media, mulai dari spanduk dan baliho di jalanan, iklan televisi, hingga
di pertandingan-pertandingan olahrga seperti Tinju dan Sepakbola.Suryani (H20213026)
MM Universitas Tadulako
0 comments:
Post a Comment