APPLE Inc. |
Apple Inc. adalah sebuah perusahaan multinasional amerika yang bergerak
dibidang multimedia, teknologi dan komunikasi. Berdiri sejak 1 April 1976 oleh
almarhum Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne. Produk- produknya antara lain
Macintosh, Mac OS, iPod, iPhone dan iPad. Apple juga memiliki produk afiliasi software
seperti OS X , iOS, iTunes, Safari, iLive dan iWork.
Ø Segmenting
Segmentasi adalah suatu proses dimana kita membagi dan
menggolongkan pasar ke dalam kelompok yang memiliki perilaku dan kebutuhan yang
sama. Jika dilihat dari berbagai promosi dan iklan yang dilakukan oleh Apple,
maka dapat dilihat segmentasi dari keseluruhan produknya. Segmentasi Apple
dapat dilihat sebagai berikut :
· Demografis, Apple
mengkhususkan pada pria dengan rentang usia 17-35 tahun. Dimana dalam usia
produksi dengan penghasilan rata- rata 3 juta per bulan dan bisa dikatakan
kalangan menengah ke atas.
· Psikografis, dengan
pertimbangan bahwa pria pada rentang umur 17-35 tahun menyukai gadget yang
canggih untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan gengsinya.
·
Geografis, produk
Apple dipasarkan secara global dengan kata lain ke seluruh dunia.
Ø Targeting
Apple menargetkan produknya pada pasar atau orang-
orang yang mementingkan gaya, design dan kesederhanaan produk. Dimana hampir
semua produk Apple memiliki user
interface yang memiliki gaya dalam tampilan tetapi mudah digunakan.
Ø Positioning
Apple memposisikan produknya sebagai produk eksklusif dan
berbeda dibandingkan dengan produk pesaingnya. Karena hal itu Apple memberikan
kesan bahwa produknya adalah produk untuk kalangan atas. Bahkan untuk produk
termurah mereka sekalipun.
Kesimpulan
Apple menyasar
konsumen pria kalangan menengah atas dalam rentang usia produktif dengan mempertimbangkan
kebutuhan mereka atas gadget yang canggih serta untuk meningkatkan gengsinya. Dengan
pertimbangan pria adalah faktor berpendapatan terbanyak dibandingkan perempuan.
Dengan tanpa mengesampingkan bahwa perempuan akan membeli produk itu juga. Dengan
design dan user interface yang modis serta mudah dalam penggunaannya. Apple memposisikan
produknya sebagai produk yang eksklusif. Apple memberi kesan sebagai produk
high class. Sehingga membuat orang yang memakai produknya merasakan selain terpenuhi
kebutuhannya akan teknologi tetapi juga meningkatkan prestisenya. Dengan memfokuskan
kepada konsumen lama sambil menarik konsumen baru. Apple memberikan layanan aftersale yang lebih baik dibandingkan
kompetitornya dimana pengguna dapat mengupgrade gadgetnya dengan produk seri terbaru
hanya dengan menukarkan gadget seri sebelumnya dengan harga tertentu. Membuat konsumernya
merasa tidak tertinggal setiap produk seri terbaru keluar dan memastikan setiap
produk yang dirilis terjual dengan baik. Dengan hal ini perkembangan penjualan
produk Apple selalu terjaga dengan semakin banyaknya kompetitor yang bermunculan.
Alvan Christian Kevin Senduk
H 202 13 024
3 comments:
Informasi yang sangat jelas untuk persentasi saya. :-)
Sumber datanya apakah valid?
sangat bermanfaat, love u
Post a Comment