Segmentasi, Targetting, dan Positioning
A. SEGMENTASI
Samsung merupakan
perusahaan multinasional yang bergerak dalam berbagai bidang usaha dengan
banyak divisi, Salahsatunya adalah devisi elektronik yang memperoduksi beberapa
peralatan elektronik dan piranti lunak diatarannya adalah televisi, kulkas,
mesin cuci, AC, printer, laptop, serta produk dalam bidang tehnologi komunikasi.
Menyadari gaya hidup manusia yang terus berkembang dan selalu ingin praktis
maka Samsung menentukan segmentasinya pada segmentasi yang merespon gaya haidup
manusia tersebut dengan menghadirkan
smartphone yang canggih dengan banyak fiture-fiture yang memanjakan penggunanya,
diantaranya adalah Samsung Galaxi Tab. Kesuksesan Samsung dalam bidang
tehnologi berhasil menggunguli
pesaingnya yang telah lebih dulu meluncurkan produknya yaitu smartphone
dan tablet Apple dan Blackberry. Kali ini,
Samsung selangkah lebih maju dari pesaingnya dalam segmen gadget yang
dapat dikenakan (wearable device).
Samsung menciptakan sebuah jam tangan-ponsel yaitu Galaxy Gear. Ini akan
menjadi jam tangan pintar pertama yang ditenagai oleh sistem operasi Android
(Google). Galaxy Gear memungkinkan pengguna mengecek email, mendengarkan musik,
dan mengambil gambar.
B. TARGETING
Seiring dengan
pertumbuhan dan perubahan gaya hidup manusia yang cenderung dengan gaya hidup
praktis dengan aksesbilitas yang cepat dan mobilitas yang tinggi. Maka Dengan
demikian Samsung menetapkan tergetingnya pada perangkat yang mendukung
lifestyle seperti smartphone
dan tablet yang ditenagai oleh sistem operasi Android. Untuk terus
mempertahankan dominasinya pada pasar tehnologi komunikasi canggih, dengan terus
meningkatkan kualitas, fiture-fiture yang dapat memanjakan penngunanya Samsung
terus menggelontorkan dana untuk mendukung penelitian dan pegembangan teknologi.
C. POSITIONING
Keunggulan dan kecanggihan
produk yang dimiliki menjadi kekuatan dan menjadi branch image yang menjadi
daya jual kepada masyarakat, produk smartphone,
Galaxy Gear dan
tablet yang ditenagai oleh sistem operasi Android menjadi alat komunikasi yang
dapat memenuhi espektasi masyarakat livestile dengan gaya hidup praktis dengan
aksesbilitas yang cepat dan mobilitas yang tinggi.
Bahtiar (H20213040)
Magister Manajemen Universitas Tadulako
Tahun Angkatan 2013/2014
Tahun Angkatan 2013/2014
1 comments:
salah.
Post a Comment