PASTA
GIGI PEPSODENT
Pepsodent
adalah pasta gigi yang paling terkenal dan tertua di Indonesia, sejak awal
keberadaannya selalu memberikan lebih dari sekedar kemanjuran dasar. Pepsodent
adalah pasta gigi pertama di Indonesia yang kembali meluncurkan pasta gigi
berflorida pada tahun 1980-an dan satu-satunya pasta gigi di Indonesia yang
secara aktif mendidik dan mempromosikan kebiasaan menyikat gigi secara benar
melalui program sekolah dan layanan pemeriksaan gigi gratis. Sejak itu
Pepsodent telah melengkapi jajaran produknya mulai dari pembersihan dasar
hingga pasta gigi dengan manfaat lengkap.
SEGMENTING
Proses
segmentasi berbeda dari positioning pasar (meneraplan strategi bauran pemasaran
yang tepat untuk setiap segmen). Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi
kelompok pelanggan yang sama dan pelanggan potensial, untuk memprioritaskan
kelompok, untuk memahami perilaku mereka dan untuk merespon strategi pemasaran
yang tepat dalam memenuhi preferensi yang berbeda dari setiap segmen yang
dipilih. Peningkatan segmentasi dapat menyebabkan efektivitas pemasaran
meningkat secara signifikan. Segmentasi pasar mengacu pada proses pembentukan
kelompok kecil dalam pasar yang besar, sehingga dapat menentukan konsumen mana
yang memiliki keinginan dan kebutuhan yang sama.
Segmenting
pada Pepsodent sudah sangat luas. Sehingga dengan begitu nama Pepsodent dapat
menjadi pilihan pertama yang melintas dibenak hampir seluruh masyarakat
Indonesia. Target pasar produk Pepsodent ini adalah konsumen semua usia, baik
mulai anak-anak sampai dewasa. Pepsodent mengelompokkan produknya berdasarkan
usia. Untuk anak-anak disesuaikan dengan rasa yang biasanya disukai oleh
anak-anak dan mengandung mint yang lebih sedikit. Untuk produk anak-anak antara
lain: Kids, Gigi Susu Strawberry, dan Gigi Susu Orange. Untuk dewasa antara
lain: Complete 12, Complete Care,Herbal, Sensitive, Whitening, White, Dan
Pepsodent White Now. Untuk dewasa setiap jenis produk memiliki fungsi yang
berbeda-beda ini menunjukkan bahwa pepsodent ingin memenuhi kebutuhan konsumen
di setiap masalah gigi yang berbeda-beda. Pepsodent juga dapat digunakan untuk
semua jenis kelamin.
Pepsodent
memasarkan produknya melalui media elektronik dan media cetak yang
menarik,dengan media elektronik yaitu melalui media periklanan..pepsodent juga
memasarkan produknya melalui media-media cetak seperti melalui bilboard atau
majalah. selain itu pepsodent juga memperkenalkan produknya melalui event-event
yang mereka buat,salah satu contohnya yaitu SENYUM PEPSODENT,melalui
event ini pepsodent memperkenalkan produknya secara langsung..dengan memberikan
pengetahuan tentang manfaat bersikat gigi,cara sikat gigi dengan
benar,,,melalui event ini lah pepsodent dapat merebut hati masyarakat agar
masyarakat menggunakan produknya.dengan event ini jg pepsodent mengenalkan
produknya agar lebih dikenal di masyarakat dan di pasaran.melalui event ini jg
pepsodent memberikan sikat gigi dan pasta gigi gratis kepada para
pesertanya,ini jg salah satu cara untuk merebut hati masyarakat.
TARGETING
Targeting
adalah persoalan bagaimana memilih, menyeleksi, dan menjangkau pasar. Targeting
atau menetapkan target pasar merupakan tahap selanjutnya dari analisis
segmentasi. Produk dari targeting adalah target market (pasar sasaran), yaitu
satu atau beberapa segmen pasar yang akan menjadi fokus kegiatan-kegiatan
pemasaran. Kadang-kadang targeting juga disebut selecting karena marketer harus
menyeleksi. Targeting merupakan proses mengevaluasi segmen pasar dan memusatkan
upaya pemasaran pada negara, kawasan atau kelompok orang yang memiliki potensi
signifikan untuk beraksi secara positif terhadap stimulus pemasaran dari
perusahaan. Proses targeting mencerminkan kenyataan bahwa perusahaan harus
mengidentifikasi pelanggan yang dapat diakses dan dilayani secara efektif dan efisien.
Pepsodent
memiliki komitmen untuk terus menerus mengadakan perbaikan dalam pengelolaan
dampak lingkungan dan mendukung sasaran jangka panjang untuk mengembangkan
suatu bisnis yang berdaya tahan. Pepsodent akan bekerja sama dalam kemitraan
dengan pihak lain untuk menggalakkan kepedulian lingkungan, meningkatkan
pemahaman akan masalah lingkungan dan menyebarluaskan budaya karya yang baik.
Pepsodent tidak menerima ataupun memberi, entah secara langsung dan tidak
langsung, suapan atau keuntungan lainnya yang tidak pantas demi keuntungan
bisnis atau finansial. Tidak satu pun karyawan kami yang boleh menawarkan,
memberi ataupun menerima hadiah atau pembayaran yang merupakan, atau dapat
diartikan sebagai sarana suap. Setiap tuntutan, atau penawaran suap harus
ditolak langsung dan dilaporkan kepada manajemen. Catatan akuntansi dan dokumen
pendukungnya harus secara tepat menjelaskan dan mencerminkan kondisi transaksinya.
Tidak ada transaksi dana atau aset yang disembunyikan atau tidak dicatat.
Semuanya akan dicatat serta dibukukan.
POSITIONING
Positioning
adalah suatu usaha melekatkan persepsi atas suatu produk pada sekelompok pasar
atau segmen tertentu agar produk itu mampu dianggap lebih dan termasuk cocok
dengan keinginan dan kebutuhan segment tersebut, semua dalam rangka membangun
persepsi positif. Sehingga pada segmen yang berbeda memerlukan strategi
positioning yang berbeda, atau dengan memperluas, memperbaiki, menambah atas
strategi positioning yang telah ada. Strategi positioning sebagai dasar dari
strategi pemasaran dan menjadi dasar yang populer dari pengembangan strategi
kreatif. Gagasan umum dari positioning adalah menempatkan sebuah produk untuk mendapatkan
posisi yang baik dalam benak konsumen. Merek yang telah memiliki posisi mapan
dalam benak akan menjadi faktor pengaruh yang kuat pada saat konsumen
memerlukan solusi.
Pepsodent
telah menjadi market leader dan menguasai pangsa pasar untuk produk pasta gigi.
Saat ini produk pepsodent memiliki bermacam-macam varian yaitu klasik, herbal,
whitening, complete care dan anak-anak. Pepsodent yang dulu juga membangun
positioning statement “Gigi Putih” saat ini telah berhasil melakukan
repositioning dengan “Perlindungan Gusi” dan “Perlindungan Gigi Berlubang”.
Perubahan ini bukan semata-mata kata-kata yang diubah, namun produsen telah
memikirkan perubahan kuantitatif target pasar dan segmen pasar yang dibidik,
tentu ketika seseorang mencapai usia tua dengan gigi berlubang sangatlah tidak
nyaman, sehingga Pepsodent menjadi jawabannya.
RAHMA,S.KM
H.202 13 030
0 comments:
Post a Comment