Perusahaan Nike didirikan oleh Phil Knight, seorang pelari jarak menengah dan mahasiswa akuntansi di Universitas Oregon, bersama pelatih Bill Bowerman Phil. Lalu Phil bekerja untuk Onitsuka Tiger. Ketika bekerja untuk Onitsuka Tiger, dia berpikir bahwa akan mendapat lebih banyak keuntungan jika ia mulai memproduksi sepatu sendiri. Pada tahun 1971 seorang karyawan Jeff Johnson terpikir untuk memberi nama Nike (dewi Yunani: kemenangan) untuk perusahaannya. Phil Knight akhirnya memperoleh nama untuk perusahaan yang saat ini menjadi persuhaan besar, tetapi ia juga membutuhkan sebuah logo. Caroline Davidson, yang mengenal Phil ketika ia masih menjadi mahasiswa di University of Oregon. Dia diminta untuk merancang logo untuk Nike, yang terkenal di seluruh dunia dengan sebutan “The Swoosh”.
Pada Februari 1972, Blue Ribbon Sport (BRS) memperkenalkan merek pertama sepatu Nike, dengan nama Nike berasal dari dewi kemenangan Yunani. Pada tahun 1978, BRS Inc. itu sendiri secara resmi berganti nama menjadi Nike, Inc.
Adapun Segmentasi, Targeting, dan
Posisionig dari perusahaan “Nike” Adalah sebagai berikut :
A. Segmentasi Perusahaan NIKE
berdasarkan pada segmentasi Psikografis, yang produk utamanya adalah sepatu,
yang kemudian di kembangkan juga dengan produk peralatan olah raga, pakaian
olah raga.sehingga langkah yang di lakukan oleh perusahaan nike adalah singel
segmen concentration, maksudnya perusahaan yang memiliki satu segmen saja.
B. Targeting Perusahaan NIKE adalah penyuka
olah raga, Nike Telah konsisten membidik pasar penyuka olah raga dengan hasil maksimal
menjadikan Nike sebagai produk SportWare di seluruh dunia dengan gaya promosi
mensponsori atlet.
C. Positioning perusahaan NIKE adalah
berdasarkan “ image” sebagai produk sepatu olah raga , sehingga dengan
positioning yang kuat mejaadikan NIKE bekerja sama produsen alat olahraga dan
berdampak baik bagi perusahaan sehingga sampai saat ini NIKE tetap berada
sebagai market leader untuk produk SportWare.
Hastuti,
H 202 13 035
0 comments:
Post a Comment