Monday, September 30, 2013

STP Samsung Elektronik Indonesia


Segmentasi, Targetting, dan Positioning
PT Samsung Elektronik Indonesia Tbk



A.   SEGMENTASI
Samsung merupakan perusahaan multinasional yang bergerak dalam berbagai bidang usaha dengan banyak divisi, Salahsatunya adalah devisi elektronik yang memperoduksi beberapa peralatan elektronik dan piranti lunak diatarannya adalah televisi, kulkas, mesin cuci, AC, printer, laptop, serta produk dalam bidang tehnologi komunikasi. Menyadari gaya hidup manusia yang terus berkembang dan selalu ingin praktis maka Samsung menentukan segmentasinya pada segmentasi yang merespon gaya haidup manusia tersebut  dengan menghadirkan smartphone yang canggih dengan banyak fiture-fiture yang memanjakan penggunanya, diantaranya adalah Samsung Galaxi Tab. Kesuksesan Samsung dalam bidang tehnologi berhasil  menggunguli pesaingnya yang telah lebih dulu meluncurkan produknya yaitu smartphone dan tablet Apple dan Blackberry. Kali ini, Samsung selangkah lebih maju dari pesaingnya dalam segmen gadget yang dapat dikenakan (wearable device). Samsung menciptakan sebuah jam tangan-ponsel yaitu Galaxy Gear. Ini akan menjadi jam tangan pintar pertama yang ditenagai oleh sistem operasi Android (Google). Galaxy Gear memungkinkan pengguna mengecek email, mendengarkan musik, dan mengambil gambar.

B.    TARGETING
Seiring dengan pertumbuhan dan perubahan gaya hidup manusia yang cenderung dengan gaya hidup praktis dengan aksesbilitas yang cepat dan mobilitas yang tinggi. Maka Dengan demikian Samsung menetapkan tergetingnya pada perangkat yang mendukung lifestyle seperti smartphone dan tablet yang ditenagai oleh sistem operasi Android. Untuk terus mempertahankan dominasinya pada pasar tehnologi komunikasi canggih, dengan terus meningkatkan kualitas, fiture-fiture yang dapat memanjakan penngunanya Samsung terus menggelontorkan dana untuk mendukung penelitian dan pegembangan teknologi.

C.  POSITIONING

Keunggulan dan kecanggihan produk yang dimiliki menjadi kekuatan dan  menjadi branch image yang menjadi daya jual kepada masyarakat, produk smartphone, Galaxy Gear dan tablet yang ditenagai oleh sistem operasi Android menjadi alat komunikasi yang dapat memenuhi espektasi masyarakat livestile dengan gaya hidup praktis dengan aksesbilitas yang cepat dan mobilitas yang tinggi.



Bahtiar  (H20213040)
Magister Manajemen Universitas Tadulako
Tahun Angkatan 2013/2014

1 comments:

Anonymous said...

salah.

Post a Comment

Powered by Blogger.

Search

 
;