Monday, September 30, 2013

STP Pada Perusahaan Farmasi


Segmentasi pasar pada perusahaan farmasi


Pada perusahaan farmasi segmentasinya akan berada pada konsumen konsumen yang merasakan keluhan keluhan kesehatan, Dalam mengidentifikasi segmentasi dalam pemasaran perusahaan farmasi dapat diambil contoh produk yang familiar dalam masyarakat sehingga materi segmentasi pasar ini dapat di mengerti, segmentasi itu dapat dicontohkan sebagai berikut

Pada produk farmasi yang cukup dikenal oleh para konsumen yang diindonesia diproduksi oleh PT TEMPO SCAN PASIFIC Tbk. yang memproduksi obat obatan yang murah, terjangkau, dan manjur memasarkan produk obat obatan ini yaitu hanya dengan promosi dan didistribusikan pada toko obat, pada materi ini akan dibahas segmentasi atau pembagian pemasaran pada konsumen, produk unggulan perusahaan ini salah satunya adalah bodrex, dulunya produk bodrex ini hanya untuk keluhan sakit kepala, sakit gigi, dan demam saja, tetapi produk ini sekarang memperluas segmentasi produknya dalam beberapa segmen atau bagian yang lebih komplek dan lebih tepat, perusahaan ini dapat mensegmentasikan produknya dalam berbagai variabel-variabel yang berbeda, yaitu :

Produk ini membagi pemasarannya pada variabel segmentasi demografi yaitu membagi pasar berdasarkan variabel umur. Dan segmantasi perilaku yaitu manfaat yang diinginkan oleh para konsumen Khususnya pada variabel berdasarkan umur contonya perusahaan ini memproduksi obat untuk menurunkan demam pada anak-anak yaitu bodrexin, obat penurun demam ini untuk segmen anak anak di bawah 5 tahun

Produk ini membagi pemasarannya pada variabel segmentasi perilaku yaitu membagi pasar berdasarkan variabel tingkat pemakaian, manfaat yang diinginkan, dan perilaku dalam membeli produk, dalam kasus ini produk yang dipasarkan khususnya pada variabel manfaat yang diinginkan dari para konsumen,yaitu manfaat meringankan sakit kepala akibat migran atau sakit kepala yang hanya dirasakan pada bagian sebelah kepala dapat dicontohkan dari perusahaan BODE yaitu bodrex migra yang pada perusahaan ini mensegmentasikanya untuk konsumen yang memiliki keluhan sakit kepala sebelah akibat migran



Selain itu juga perusahaan ini juga mensegmentasikan pemasarannya pada segmentasi perilaku yaitu manfaat yang diinginkan para konsumen yang lainnya yaitu dapat dicontohkan pada bodrex flu dan batuk, kemasan berwarna biru yang diperuntukan pada konsumen yang memiliki keluhan influenza dan batuk tidak berdahak


Selain itu juga perusahaan ini juga mensegmentasikan pemasarannya pada segmentasi perilaku yaitu manfaat yang diinginkan para konsumen yang lainnya yaitu dapat dicontohkan pada bodrex flu dan batuk, kemasan berwarna hijau yang diperuntukan pada konsumen yang memiliki keluhan influenza dan batuk berdahak



Selain itu juga perusahaan ini juga mensegmentasikan pemasarannya pada segmentasi perilaku yaitu manfaat yang diinginkan para konsumen yang lainnya yaitu dapat dicontohkan pada bodrex flu extra yang diperuntukan pada konsumen yang memiliki keluhan sakit kepala yang tak tertahankan 


Kesimpulan
Pasar terdiri dari banyak pembeli, dan pembeli berbeda dalam banyak hal baik dalam motif, perilaku, maupun kebiasaan pembelian. Perbedaan tersebut menunjukkan bahwa pasar suatu produk tidak homogen, tetapi heterogen. Hal inilah yang mendorong perusahaan melakukan segmentasi pasar. Segmentasi merupakan pengelompokan pembeli dalam suatu pasar yang memiliki kebutuhan dan tingkah laku yang sama.
Dalam kasus perusahaan ini segmentasi produknya berdasarkan jenis segmentasi demograf pada variabel umur dan segmentasi psikografis pada variabel perilaku konsumen dan manfaat yang dinginkan (untuk apa produk di beli),perusahaan farmasi ini membuat targeting pada pasar obat obatan yang dapat dijual bebas dalam artian tidak memerlukan resep dokter, sehingga konsumen merasakan nilai kepraktisan. Perusahaan ini memposisikan produk produknya sebagai obat yang praktis dan dalam hal harga lebih memposisikan produknya sebagai obat yang terjangkau  

Rian Risendy
H 202 13 037

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Search

 
;