Wednesday, October 2, 2013

STP Ekstra Joss


Extra Joss adalah produk minuman energi yang dipasarkan oleh PT Bintang Toedjoe mulai sejak pada tanggal 25 November 1994. Bentuknya bubuk dan dijual dalam sachet, dan mengandung antara lain kafein dan.Pada tahun 2006 iklan televisi Extra Joss dibintangi oleh pemain sepak bola Cristiano Ronaldo selain petinju Chris John yang sudah selesai kontraknya. Sekarang sejak pada tahun 2008 grup band Ungu menjadi ikon iklan produk minuman energi

Selain pemasaran di dalam negeri Indonesia, Extra Joss juga telah melakukan penetrasi pasar di Singapura dan Hong Kong. Extra Joss menguasai 80% pangsa pasar, mengungguli produk sejenis dari negara lain.



Segmentasi
Dari sisi geografis, segmen produk ekstras joss adalah semua kalangan tidak perduli dimanapun dia berada, baik daerah perkotaan dan pedesaan. Hal ini bisa dilihat gerai atau warung-warug yang menjual produk ekstra joss bertebaran hampir diseluruh pelosok penjuru negeri. Sedangkan bila dilihat dari sisi demografis, segmen ekstra joss adalah masyarakat usia produktif khususnya pria dengan berbagai latar belakang pekerjaan. Ukuran sachet dipilih, karena memang ekstra joss awalnya di kenalkan sebagai minuman energi pengganti minuma kalen/botol. Selain itu dengan kemasan sachet, produk ekstra josslebh mudah terjangkau oleh kalangan menengah ke bawah.

Targetting
Target pasar ekstra joss sendiri adalah para pekerja fisik seperti buruh bangunan, sopir, tukang parkir, hingga ke kalangan atlet dan remaja yang gemar berolahraga. Target pasar ini dinilai sesuai dengan komponen yang terkandung dalam ekstra joss dimana bertujuan untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh sehingga cocok buat mereka.

Positioning
Ekstra joss memilih posisi dalam persaingan minuman bernenergi yaitu sebagai minuman berenergi dalam kemasan sachet sehingga praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Akhir-akhir ini, ekstra joss juga gencar memposisikan diri sebagai minuman laki lewat slogan “Pekerja keras itu laki, laki minum ekstra joss..!” slogan tersebut dipublikasikan melalui berbagai jenis media, mulai dari spanduk dan baliho di jalanan, iklan televisi, hingga di pertandingan-pertandingan olahrga seperti Tinju dan Sepakbola.


Suryani (H20213026)
MM Universitas Tadulako

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Search

 
;