Wednesday, October 2, 2013

SEGMENTASI, TARGETING DAN POSITIONING PT. TOYOTA ASTRA MOTOR (TAM)




SEGMENTASI
Akhir-akhir ini, pasar otomotif di Indonesia disemarakkan dengan hadirnya Produk mobil murah (LCGC) yang banyak bermuculan .Tingginya permintaan pasar untuk mobil dengan harga yang terjangkau  memberikan gairah baru pada dunia otomotif Indonesia di tengah tekanan nilai rupiah dan kenaikan suku bunga. Hal ini pula yang menyebabkan PT. Toyota Astra Motor untuk terus berinovasi dalam mengembangkan teknologi dan produk mobil terbaiknya guna berpartisipasi aktif dalam kemajuan industri otomotif di dalam negeri.  Salah saatu realisasinya adalah melalui Toyota Agya- Daihatsu Ayla yang telah di Luncurkan ke pasaran pada bulan September 2013. Setelah menuai sukses melalui produk hasil kolaborasi Toyota Avanza –Daihatsu Xenia dan Toyota Rush-Daihatsu Terios, untuk ketiga kalinya PT. Toyota Astra Motor kembali memperkenalkan produk hasil kolaborasi tiga perusahaan yakni : Toyata, Daihatsu, dan Astra Internasional melalui  Toyota Agya dan Daihatsu Ayla dengan membidik segmentasi pasar  pada masyarakat kelas menengah.

TARGETING
 Daihatsu Ayla-Toyota Agya dipasarkan pada harga 76 juta sampai dengan 106 juta rupiah, sedangkan Toyota Agya dipasarkan dengan harga 99,9 juta sampai dengan 120 juta rupiah. Harga ini merupakan harga yang terjangkau di kantong masyarakat kelas menengah untuk harga sebuah mobil baru. PT. Toyota Astra Motor memfokuskan target penjualannya pada konsumen pada masyarakat kelas menengah yang biasa menggunakan motor atau masyarakat yang selama ini hanya menggunakan mobil bekas . Dengan tawaran harga yang terjangkau, maka para konsumen tersebut dapat mewujudkan keinginannya untuk memiliki mobil baru
  
POSITIONING
Toyota AGYA dan Daihtasu AYLA  hadir dengan rangkaian fitur sesuai kebutuhan pelanggan, dengan jaminan kualitas Toyota dan Daihatsu tentunya, dan akan didukung oleh jaringan aftersales resmi berstandar Toyota dan Daihatsu yang terluas dan terbanyak di seluruh Indonesia. Dari segi desain, Toyota menampilkan desain yang memberi kesan dinamis, efisien, dan kuat pada mobil compact car ini. Dan inilah yang menjadi keunggulan produk ini yang diharapkan dapat membangun  brand image dimata masyarakat 


Prafita Syafitri (H20213041)
MM Untad 2013

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Search

 
;